Post Pilihan

Gereja dan Gua Maria Pohsarang

Gereja Pohsarang Gereja Pohsarang atau Puhsarang adalah sebuah Gereja Katolik Roma yang terletak di Desa Puhsarang, Kecamatan Semen,...

Gua Maria Sendang Purwaningsih, Donomulyo

Gua Maria Sendang Purwaningsih terletak di Desa Purworejo, Kec.Donomulyo, Kab. Malang, sekitar 53 km dari Kota Malang. Tempat peziarahan ini dibangun pertama kali oleh prakarsa umat setempat  yaitu Bapak F.X. Doetooetomo pada bulan Mei 1958. Di belakang Gua Maria terdapat sebuah bangunan yang khusus digunakan sebagai ruang meditasi pribadi yang terpisah dari pelataran Gua Maria. 


Selain itu terdapat dua buah rute Jalan Salib, yang pertama  memanfaatkan  jalan  desa  yang  menghubungkan  gereja  Paroki Donomulyo dengan lokasi gua Maria dan yang kedua berada di dalam kompleks (dibangun tahun2006). Karena letaknya yang berada diantara rerimbunan pepohonan yang lebat, gua ini cukup sunyi dan tepat bagi mereka yang ingin mencari keheningan.

Pada tahun 1971 Gua Maria ini rusak akibat tanah longsor. Pembangunan kembali gua Maria ini memakan waktu kurang lebih lima tahun dan diresmikan pada tanggal 10 Mei 1990 oleh Pastor Paroki, Rm. Henricus Franciscus Demmer O.Carm. Pembangunan Gua Maria ini dilakukan secara gotong royong oleh masyarakat setempat baik yang katolik maupun yang muslim. 

Kini Gua Maria Sendang Purwaningsih telah memiliki fasilitas penunjang seperti aula, kamar mandi dan wc. Aula yang letaknya cukup terpisah dari pelataran gua Maria ini sering digunakan untuk kegiatan warga setempat. Dapat dikatakan, keberadaan Gua Maria Sendang Purwaningsih menjadi symbol pemersatu umat di tengah masyarakat yang plural.

Mau merasakan keheningan doa di Gua Maria Sendang Purwaningsih? Berkunjunglah ke Malang dan hubungi kami, kami akan mengantarkan Anda.

No comments:

Post a Comment